Biografi Mayor Jantje, klik sini

20 Cerpen, klik sini

100 Puisi, klik sini

Mayor Jantje – Kisah Tuan Tanah Batavia Abad Ke-19

Pengarang: Johan Fabricius
Penerbit: Komunitas Bambu
Halaman: 245 – Kode buku: K06JFAB01
Harga toko: Rp 35.000,- (diskon 15%) Rp 29.750,-
Kategori: biografi sejarah betawi

Deskripsi :
Kisah nyata tragedi Mayor Jantje “de rijkste grondeigenaar van Java” (pemilik tanah terkaya di Jawa) abad ke-19. Ia hidup penuh kemewahan dan kesenangan di vilanya yang tersohor di Citrap. Sebagai penggila pesta, ia menjamu tamu-tamunya, Indo maupun Eropa, dengan pesta extravaganza saban Sabtu malam: makan dan dansa diiringi alunan lagu orkes budaknya yang kemudian sohor sebagai tanjidor. Semua itu bisa dilakukan berkat sarang-sarang burung walet di Klapanoenggal, sumber hartanya yang tak pernah kering. Namun, semua keindahan dan kesenangan itu segera meninggalkan sang Mayor begitu istri keduanya meninggal. Rentetan masalah menderanya: konflik dengan anaknya, pencarian cintanya pada seorang gadis muda, hingga perginya tamu-tamu di Citrap. Begitulah, sang Mayor yang senang hidup dalam keramaian harus rela meninggal dalam kesepian. Sebuah buku historis yang bukan saja berhasil menguak kisah keluarga Michiels, keturunan mardijker (bekas budak yang telah dibebaskan) di Batavia, tetapi juga menghanyutkan perasaan sebab ditulis dengan narasi sastra yang menyentuh

***

20 Cerpen Indonesia Terbaik 2008

Pengarang: Anugerah Sastra Pena Kencana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 226 – Kode buku: G01CITE01
Harga toko: Rp 47.500,- (diskon 15%) Rp 40.375,-
Kategori : sastra indonesia

Deskripsi :
Fakta bahwa cerpen mendominasi sastra Indonesia makin tidak dapat dielakkan. Kedudukan cerpen semakin kuat, antara lain karena cerpen dan koran saling bergandeng tangan. Dua puluh cerpen dalam buku ini dipilih dari ratusan cerpen di sekian banyak koran sejak akhir 2006 sampai akhir 2007. Tahun ini surat kabar terpilih meliputi Kompas, Suara Pembaruan, Koran Tempo, Media Indonesia, Republika, Suara Merdeka, Jawa Pos, Lampung Pos, Bali Pos, Pontianak Pos, Fajar, dan Pikiran Rakyat.
Buku ini menampilkan cerpen-cerpen dengan variasi tema yang amat kaya dari 20 pengarang. Mereka tidak menafikkan kenyataan bahwa Indonesia tidak bebas dari berbagai masalah yang kompleks sehingga selain masalah personal, masalah sosial juga ikut diangkat. Di dalam buku ini cerpen telah menjadi alat yang ampuh untuk menyampaikan makna, bukan sekadar permainan kata-kata.

Para Penulis: Agus Noor, Antoni, A.S. Laksana, Azhari, F. dewi Ria utari, Eka Kurniawan, etik juwita, Gunawan Maryanto, gus tf Sakai, Hasan Al Bana, Ida Ahdiah, Ira Komang. Lan Fang, M Iksaka Banu, Naomi Srikandi, Nukila Amal, Puthut EA, Ratih Kumala, Seno Gumira Ajidarma, Triyanto Triwikromo.

***

100 Puisi Indonesia Terbaik 2008

Pengarang: Anugerah Sastra Pena Kencana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 284 – Kode buku : G01PITE01
Harga toko: Rp 55.000,- (diskon 15%) Rp 46.750,-
Kategori : sastra indonesia

Deskripsi :
Seratus sajak dalam buku ini menunjukkan hasil dari kegiatan para penyair Indonesia yang dimuat di koran selama 2007. Untuk tahun ini surat kabar terpilih meliputi Kompas, Suara Pembaruan, Koran Tempo, Media Indonesia, Republika, Suara Merdeka, Jawa Pos, Lampung Pos, Bali Pos, Pontianak Pos, Fajar, dan Pikiran Rakyat. Surat kabar ini dianggap mewakili pemuatan karya sastra dari seluruh Indonesia
Tema dan makna kebanyakan puisi berkisar seputar kelahiran, cinta, keputusasaan, harapan, kerinduan, kesepian, kematian -deretan tema sepanjang zaman. Para penyair yang terpilih berasal dari berbagai komunitas dan sebagian besar adalah nama-nama baru.

Para Penyair:
Muttaqin, Aan Mansyur, Acep Zamzam Noor, Afrizal Malna, Ahda Imron, Alois A. Nugroho, Ari Pahala Hutabarat, Arif B. Prasetyo, Dahta Gautama, Dina Oktaviani, Eka Pranita Dewi, ES Wibowo, Faisal Kamandobat, Fina Sato, Frans Najira, Goenawan Mohamad, Gunawan Maryanto, Gus tf., Hasan Aspahani, Heru Mugiarso, Inggit Putria Marga, Iswadi Pratama, Iyut Fitra, Jimmy Maruli Alfian, Joko Pinurbo, Kurnia Effendi, Laela Awalia, Leo Kleden, Lupita Lukman, M. Fadjroel Rachman, Made Adnyana Ole, Mardi Luhung, Marhalim Zaini, Mashuri, Merisa Martiningsih, Micky Hidayat, Mochtar Pabottinggi, Muhammad Subarkah, Ni Luh Putu Mahaputri, Nirwan Dewanto, NKM Ira Puspitaningsih, NKM Saraswati Laksmi, Ook Nugroho, Oyos Suroso, Reina Caelisia, Sapardi Djoko Damono, Saras Dewi, Sindu Putra, Sitok Srengenge, Sunlie Thomas Alexander, Triyanto Triwikromo, Wendoko, Zaim Rafiqi, Zen Hae.

*** Buku lain yang patut menjadi koleksi Anda***

Kayu Naga

Pengarang: Korrie Layun Rampan
Penerbit: Yayasan Obor Indonesia – Kode buku : O02KOLR01
Harga toko: Rp 40.000,- (diskon 15%) Rp 34.000,-

***

Lama Fa

Pengarang: Yudhi Herwibowo
Penerbit: Andi Publisher – Kode buku: A13YHER01
Halaman: 80
Harga toko: Rp 15.000,- (diskon 15%) Rp 12.750,-
Kategori: fiksi dewasa penulis indonesia kriminal/suspence

***

Tulah

Pengarang: Risda Yuwanto
Penerbit: Jalasutra – Kode buku: J02RIYU01
Harga toko: Rp 36.000 ,- (diskon 15%) Rp 30.600,-

***

Samita: Sepak Terjang Hui Sing Murid Perempuan Cheng Ho

Pengarang: Tasaro
Penerbit: DAR! Mizan – Kode buku: D01TASA01
Halaman: 487
Harga toko: Rp 38.500,- (diskon 15%) Rp 32.725,-

***

Catatan Harian Orang Gila

Pengarang: Lu Xun
Penerbit: Jalasutra – Kode buku: J02LUXU02
Harga toko: Rp 54.000,- (diskon 15%) Rp 45.900,-