Tentu enak.

Bisa berhayal, dikasih duit. Bisa menggambar, rekening akhir bulan ‘ngalir. Yang lebih penting, senang betul jika bisa merayu orang tanpa orang itu tahu dirayu. Loh kok? Tentu… inilah uniknya menjadi orang di balik iklan.

Mengawinkan dua sisi (seni dan uang) dalam sebuah koin adalah satu tugas tak main-main. Sebagai contoh, copywriter adalah orang yang duduk menghayal untuk mendapatkan kata-kata yang indah merayu menjual. Mau nonton film bagaimana kerja copywriter di biro iklan juga ada, seperti film “How To Lose A Guy In 10 Days” yang dibintangi Matthew Mcconaughey dan Kate Hudson [klik sini].

Kalau mau tahu lebih banyak tentang dunia iklan di Indonesia, rajin-rajin juga mengunjungi organisasi perusahaan periklanan P3I [klik sini]. Kalau mau lebih jauuuuh lagi mengerti bagaimana berbisnis dan bekerja di dunia periklanan, ada catatan khusus tentang seorang sepuh periklanan di negeri ini, silakan beli bukunya [klik sini].

Rumah Iklan

Kode buku: K02BONW01
Pengarang: Bondan Winarno
Penerbit: Penerbit Buku Kompas
Halaman: 296
Harga toko: Rp 65.000,- (HARGA INIBUKU Rp 55.250,-)

Deskripsi: Buku ini mengisahkan sejarah dan dinamika periklanan Indonesia, serta bagaimana peran Ken Sudarto dan Matari di dalamnya.

Dalam bahasa yang ringan dan mudah disimak khas Bondan Winarno, dinamika periklanan Indonesia dikupas tuntas. Mulai dari era kolonial VOC, gerobak sapi sebagai iklan, perkembangan pers cetak hingga ke era satelit dan internet. Bagaimana industri periklanan tumbuh dan apa peran pemerintah di dalamnya.

***

Iklan adalah bentuk komunikasi yang ditujukan untuk memberitahu konsumen potensial tentang produk dan layanan dan bagaimana menggunakannya. Banyak iklan didesainuntuk meningkatkan konsumsi produk dan layanan melalui pencitraan merek dan peningkatan kesetiaan akan satu merek produk/layanan. Untuk itu diperlukan media yang mampu menyampaikan informasi secara faktual dan persuasif sekaligus, dan media itu biasanya amat dinamis. Ada televisi, radio, bioskop, majalah, koran, permainan video/video games, Internet dan media luar ruang seperti billboard dan baliho. Penghitungan biaya dan pemilihan media serta dampaknya ini biasanya dilakukan oleh biro iklan atas nama perusahaan yang memiliki produk/jasa tersebut.

Bentuk iklan juga bisa ditemui di kereta belanja, di dinding bandara, di sisi bus kota, bisa juga didengarkan di telepon. Iklan biasanya dipasang di tempat yang banyak dilihat, didengar, dan dibaca orang banyak.

Ada juga iklan khusus untuk politik, agama, atau pemberitahuan layanan masyarakat yang biasa digunakan oleh pemerintah atau lembaga-lembaga nirlaba. Iklan seperti ini dikenal sebagai ILM atau iklan layanan masyarakat, atau public service advertisement.

Beberapa gambar di bawah ini dikutip dari banyak sumber seperti funforever.net, 37signals.com, brandcurve.com, ahsoon.net, screen.blog.co.uk, advertnews.com, dan darkroastedblend.com.

***

***

***