Telah banyak buku ditulis oleh pakar di bidang kecantikan, khususnya tata rias wajah (make up artist), dan hanya ada nama Gusnaldi yang mampu merekam semua untuk wanita Indonesia. Inilah beberapa karyanya:

I Do Bridal Make-Up

Kode buku: G01GNAL05
Pengarang: Gusnaldi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 220
Harga toko: Rp 117.500,- (HARGA INIBUKU Rp 99.875,-)

The Power of Make-Up (soft cover)

Pengarang: Gusnaldi
Harga toko: Rp 125.000,- (HARGA INIBUKU Rp 106.250,-)
Ukuran: 24 x 31,5 cm
Terbit: Pebruari 2003
Gusnaldi, seorang make-up artist yang terkenal karena karyanya yang kontemporer, halus, modern, kreatif, dan muda, mempersembahkan buku kepada anda. Sebagai pionir yang berani mendobrak aturan baku make-up. Gusnaldi tidak hanya selangkah lebih maju, tetapi telah ribuan langkah mendahului kemajuan masyarakat itu sendiri. Seperti apakah karya inovatifnya? Bagaimana tren terbaru untuk tahun 2003? Semua tersaji dalam buku yang luar biasa ini.

Instant Make-Up + DVD

Pengarang: Gusnaldi
Harga toko: Rp 117.500,- (HARGA INIBUKU Rp 99.875,-)
Ukuran: 17 x 17 cm
Tebal: 200 halaman
Terbit: Mei 2007

Merias wajah secara instan merupakan impian banyak perempuan. Kini saatnya Anda mengetahui trik-trik mengaplikasi make-up secara instan untuk setiap bentuk wajah, jenis dan warna kulit. Buku ini akan membimbing Anda menguasai dengan cepat trik merias wajah dengan jenis-jenis produk kosmetik yang tepat untuk menyulap wajah menjadi istimewa. Waktu yang di butuhkan untuk mengaplikasikannya, tidak lebih dari 15 menit. Silakan Anda prakti kkan instant make-up sesuai suasana ala Gusnaldi:
+ 5 menit hake-up Casual
+ 10 menit make-up Kerja
+ 15 menit make-up Pesta
+ 10 menit hake-up Nude
+ 10 menit make-up Frozen
+ 10 menit make-up Smoky

Zoom Celebrities Make-Up

Pengarang: Gusnaldi
Harga toko: Rp 255.000,- (HARGA INIBUKU Rp 216.750,-)
Ukuran: 26 x 34 cm
Tebal: 256 halaman
Terbit: Januari 2005

Kumpulan tingkah polah ber-make-up selebritis yang diramu Gusnaldi menjadi sejumlah tip dan panduan berharga bagi perempuan Indonesia. Ide awal pembuatan buku ini didasarkan pada pemikiran bahwa selebritis kerap menjadi tolak ukur dari penampilan. Bahkan tak jarang pilihan busana, riasan, atau aksesoris artis menjadi trend setter yang diikuti banyak perempuan.

Aplikasi riasan wajah dalam buku ini disesuaikan karakter para selebriti sekaligus fantasi sang make-up artist. Meskipun demikian, para awam pun dapat mempraktekkannya dengan mudah.

Selain teknik rias-merias wajah, buku ini juga berisi cerita segar tentang para selebritis yang menjadi model. Jadi, selain mendapatilmu teknik riasan yang inovatif, pembaca juga mendaat hiburan mengenai lintasan kehidupan artis yang terlibat, komentar Gusnaldi tentang si artis, dan sebaliknya.

Buku ini ditujukan pada pengusaha salon kecantikan, siswa-siswi sekolah mode atau kecantikan (SMKK dan IKIP jurusan tata rias, tata busana, fashion institute, sekolah tata rambut dan kecantikan); mereka yang membutuhkan referensi tentang gaya tata rias wajah misalnya redaktur mode, penulis, dan sebaliknya.

Di luar negeri telah banyak buku [klik sini untuk deretan buku itu] ditulis oleh make up artist, yang sesungguhnya memang telah menjadi industri yang luar biasa besar. Ada banyak sumber untuk mengenal produk make up secara profesional [klik sini untuk pranala yang direkomendasi]. Make up artist ternama seperti Juliet Cohen, Didier Lavergne, David Clark, Michelle Lee, Amy Sparks juga memiliki jam terbang yang tinggi di negerinya.

Tips dan teknik terbaru juga menjadi incaran banyak rookie di bidang ini, seperti tips di bawah ini.

Gunakan hanya kosmetik dengan usia tertentu. Seperti mascara gunakan yang berusia 2 bulan atau saat labelnya rusak, atau kalau tidak akan retak, kering dan bau. Foundation gunakan yang telah dibuka 18-24 bulan. Bedak juga jangan gunakan yang berusia 2 tahun, atau telah berubah menjadi kering dan berbau lain dari aslinya. Bisa dijaga dengan selalu mengganti busa/sponge setiap kali digunakan ke satu klien. Sponge adalah tempat bakteri berkembang biak. Pensil bibir juga hanya bertahan 1 tahun, dan untuk membunuh kuman, ujung pensil kerap diteteskan alkohol. Pensil mata, biasanya hanya berusia 3 bulan, selalu tajamkan dan teteskan dengan alkohol setiap penggunaan. Eye Shadow dan Blush jangan gunakan jika kering dan berganti warna. Untuk kuas, jika sudah menyerupai kipas, atau ujungnya berwarna, ganti. Bersihkan kuas dengan alkohol atau pembersih khusus. Bisa juga dengan air dan sabun tapi terkadang membuat kuas menggumpal dan bisa merusak kualitasnya. Kotak peralatan juga harus dibersihkan teratur, jika sering dibersihkan akan selalu tampak baru.

Terakhir, jika ingin lebih teliti, tempelkan stiker di setiap belakang kotak peralatan hias. Tulis tanggal pembelian sehingga akan memudahkan Anda jika Anda harus mengganti.