Dalam perdagangan, sebuah jaringan toko dengan banyak produk dan layanan yang menggabungkan konsep department store dengan supermarket diberi nama hypermarket. Fasilitas satu atap yang disediakan beragam dan mudah dicari. Semuanya dirancang, dikonstruksikan dan dijalankan dengan manajemen baik sehingga konsumen merasa terpuaskan sekali datang berbelanja di sana.

Konsep hypermarket adalah konsep yang terfokus pada penjualan kuantitas besar (high-volume) dan marjin kecil  (low-margin). Dengan luas ruang rata-rata di atas 1 hektar, seperti Carrefour atau Giant, setiap pembeli harus membawa kereta dorong untuk pembelian lebih banyak. Jika di luar negeri banyak ditempatkan di pinggiran kota, di Jakarta dan kota besar di Indonesia justru “masuk” di dalam kota. Masalah lokasi adalah perhitungan terbesar untuk mendirikan sebuah usaha retail besar. Lokasi juga menjadi pertimbangan utama bagi konsep retail kecil seperti minimarket. Usaha warung yang di-manage lebih baik. Murah, bersih, kualitas produk, senyum kasir, ketersediaan dan kadaluwarsa terjaga menjadi keharusan dari usaha retail modern ini. Untuk mendapatkan tips-tips khusus berbisnis di usaha retail modern ini, silakan membaca:

1. Panduan Mendirikan dan Mengelola Usaha Minimarket

Kode buku: T08WFAJ01
Pengarang: Wardah Fajriyah
Penerbit: TransMedia
Halaman: 128
Harga toko: Rp 33.000,- (HARGA INIBUKU Rp 28.050,-)
Kategori: investasi wirausaha

Deskripsi: Selengkap supermarkat, senyaman mal, semurah pasar tradisional tapi tak sebesar plaza. Itulah minimarket, tempat berbelanja yang kini jadi favorit hampir seluruh lapisan masyarakat. Di mana pun Anda berada kota besar atau kecil, kompleks perumahan atau kampus, bahkan di pelosok desa, minimarket dapat dengan mudah ditemukan. Oleh karena itu, tak mengherankan jika kini minimarket adalah pilihan bisnis paling diminati.

Buku ini akan mengajak Anda untuk memahami seluk-bluk usaha minimarkaet secara lebih mendalam. Anda bisa meniru kesuksesan dari 10 profil berikut.

1. Madani Mart: Menjaring Usaha Kecil Sebagai Mitra
2. Seven Days: Konsep Warung Modern Khas Anak Muda
3. Patra Mart: Menangkap Peluang Pasar C-Store di Area SPBU
4. Pewaralaba Drs. Naseri Muhammad, MM: Brand Paten Membawa Keuntungan
5. Pewaralaba Ratu Neilla: Memercayakan Pada yang Ahli
6. S’Mart: Mengenal Baik Kebutuhan Konsumen
7. Sofi Minimarket: Mengembangkan Bisnis Melalui Diversifikasi Usaha
8. Santya Swalayan: Inovasi Bisnis Demi Kepuasan Konsumen
9. Siaga Mart: Kemandirian Membawa Keuntungan
10. Febry Minimarket: Berani Bertahan dan Bersaing

***

2. What I Learned From Hypermarket Bussiness

Kode buku: E04CHFG01
Pengarang: Christian F.Guswai
Penerbit: Elex Media Komputindo
Harga toko: Rp 44.800,- (HARGA INIBUKU Rp 38.080,-)
Kategori: marketing