Anastasia Krupnik: Rahasia si Gadis Kecil
Lois Lowry
Mizan Learning Center (MLC), Januari 2006

www.inibuku.com – Anastasia berusia 10 tahun. Dia suka membuat daftar hal-hal yang disukai dan dibencinya. Di antara yang disukainya adalah menulis puisi, seorang kakak kelasnya yang punya gaya berjalan aneh, dan Frank, ikan mas peliharaannya.

Rahasia si Gadis Kecil

Anastasia Krupnik: Rahasia si Gadis Kecil

Yang tidak disukainya antara lain adalah Ibu Westvessel, guru kelasnya yang menilai jelek puisi yang sudah ditulisnya dengan susah payah, namanya sendiri yang dirasanya terlalu panjang, dan rencana orangtuanya untuk memberinya seorang adik.

Daftar yang dibuat Anastasia terus berubah sepanjang cerita ini. Di akhir cerita, hanya satu hal yang tersisa pada daftar hal-hal yang tak disukainya. Apakah itu?

***

Anastasia Krupnik terpilih sebagai Notable Book versi American Library Association pada 1979 dan menerima banyak pujian.

***

“Sangat bagus! Gaya berceritanya unik, menarik, dan lucu.
—Esti Kinasih (Pengarang novel-“teenlit” bestselleer, Fairish dan Cewek!!!)

“Ditulis dengan kalimat-kalimat yang lancar, dan rangkaian peristiwa mengejutkan, yang terjalin dalam plot yang ketat.”
—Booklist

“Cara Anastasia menghadapi peruntungannya merupakan plot Lowry yang humoris dan menyentuh …”
—Publishers Weekly

***

Lois Lowry adalah pengarang buku anak-anak yang sangat produktif. Sejak buku pertamanya A Summer to Die terbit pada 1977.

Lois menulis novel, cerita pendek, dan esai, terutama untuk para pembaca muda usia. Banyak di antara bukunya yang mendapatkan sambutan baik di kalangan kritikus dan pustakawan, yang menyebutkan bahwa buku-bukunya menyuguhkan bacaan yang kaya dan tepat sasaran bagi kalangan usia yang ditujunya.