Menerima les matematika di rumahnya adalah kerja sampingan Agnes Jessica. Sesungguhnya ia adalah penulis produktif fiksi romansa yang sejak kecil aku akrab dengan buku. Lulusan IKIP Jakarta jurusan pendidikan matematika ia kemudian mengajar di SMUK I Tanjung Duren Jakarta sejak 1996 sampai 2001. Ia kemudian mengundurkan diri karena ingin lebih dekat dengan keluarga dan memfokuskan pada novel-novelnya. (www.agnesjessica.com)

ROMANSA

Jejak Kupu-Kupu

Alisa merasa terpukul ketika roda kehidupan memutarbalikkan nasibnya. Dia terbiasa dengan kemewahan tiba-tiba harus menjadi penghuni panti asuhan ketika orangtuanya meninggal karena kecelakaan. Apalagi Danu, pengelola panti yang sebetulnya tampan itu, bersikap sangat dingin dan keras padanya. Pulang malam tidak boleh, pacaran dimarahi, apalagi bersenang-senang dengan gengnya di kafe. Betul-betul menyebalkan. Belum lagi setumpuk tugas di panti yang harus dilakukan sesuai pembagian

Namun, lambat laut Alissa berubah. Dari gadis manja dia menjadi gadis mandiri. Dari yang hanya memikirkan diri sendiri, dia mulai memerhatikan dan menolong kesulitan teman-temannya dipanti. Dari gadis kaya yang boros menjadi gadis yang hemat dan memanfaatkan uang sedikit yang dimilikinya dengan baik.

Tapi perubahan yang besar adalah perasaannya terhadap Danu. Dari benci dia malah mencintai pria itu mati-matian. Dia tidak peduli walaupun umur yang terbetang di antara mereka cukup jauh. Dan Alissa yakin sebetulnya dia tidak bertepuk sebelah tangan. Tapi, kenapa Danu selalu menyembunyikan perasaannya? Kenapa lelaki itu selalu menarik diri ketika percik-percik kemesraan mulai bermunculan di antara mereka? Dan, yang tidak bisa diterimanya, kenapa lelaki itu malah menikahi Catherine yang tidak dicintainya?

Untuk melupakan lelaki itu, Alissa memilih meneruskan kulaihnya di Singapura. Dan empat tahun kemudian, dia kembali dikejutkan oleh peristiwa yang sama sekali tak diduganya, peristiwa yang membuatnya membenci Danu…

Three Days Cinderella

Betapa takdir mampu menjungkirbalikan kehidupan seseorang dalam seketika, dan itulah yang dialamai Andini, gadis sederhana dari Curug, Sukabumi.

Pada suatu hari tiba-tiba saja bahunya ditepuk seseorang dari belakang. Saat berbalik, Andini merasa bagaikan bercermin. Di hadapannya berdiri gadis yang sangat mirip dengannya. Mereka bagaikan kembar. Hanya saja, gadis itu gadis kota. Dandanannya sangat modis, potongan rambutnya trendi, dan gayanya sangat kosmopolitan.

Mereka berkenalan. Dianne nama gadis itu, tinggal di Jakarta. Rupanya dia sengaja mengejar Andini ketika melihat gadis itu. Melihat kemiripan mereka, timbul ide di benaknya meminta Andini menemui neneknya yang sakit di Sukabumi, menggantikan dirinya. Dia akan mendandani Andini persis seperti dirinya. Tentu saja imbalannya… uang. Dianne tahu, uang sangat berarti bagi Andini.

Penipuan itu awalnya berjalan lancar… walaupun terjadi hal-hal yang membuat Andini gelagapan, karena sebetulnya ia tak begitu tahu masa lalu Dianne. Ia tersandung hal-hal yang membuatnya penasaran. Kenapa Dianne kabur dari rumah itu? Siapa yang menghamili Dianne sepuluh tahun yang lalu? Erick-kah lelaki itu? Andini penasaran karena ia sangat menemukan puisi cinta Dianne untuk saudara angkatnya tersebut.

Namun di saat pertukaran itu hampir berakhir, kedoknya terbongkar! Erick–diam-diam ia jatuh cinta pada lelaki itu — tak sengaja membuka penyamarannya. Bahkan, Nenek pun akhirnya mengetahui penipuan ini! Bagaimana Andini harus menjelaskan… bahwa Dianne tidak berani pulang karena kali ini pun ia sedang hamil di luar nikah lagi!

Tunangan? Hmm…

Tere: 17 tahun, 2 SMU, wajah manis. Saat jalan-jalan di mal, dia berebut kaus dengan cowok cute tapi nyebelin. Besoknya di sekolah, Tere ketemu lagi sama cowok itu. Ternyata cowok itu anak baru, namanya Giovani.

Giovani: 17 tahun, jago main piano, satu sekolah sama Tere, tapi lain kelas. Pernah patah hati karena ditinggal cewek. Saat pertama kali bertemu Tere di mal, dia sebel banget sama cewek itu.

Ortu Tere dan Giovani ternyata teman lama. Mereka udah berencana ngejodohin keduanya. Tere cuma dikasih tau bahwa cowok jodohnya itu bernama Opan. Giovani, alias Opan, lebih beruntung. Dia pernah melihat foto Tere. Jadi Opan tahu Tere, tapi Tere nggak tahu bahwa Opan dan Giovani adalah orang yang sama.

Setelah mengetahui Giovani adalah Opan, Tere malah makin sebel sama cowok itu. Masalah jadi tambah ruwet waktu Tere tahu ternyata dua sahabatnya juga naksir Giovani. Giovani juga tahu bahwa Tere naksir Evans, sang ketua OSIS.

Tanpa mereka sadari, mereka sebenarnya sama-sama cemburu.

Rumah Beratap Bugenvil

Setelah mamanya meninggal, Lianka baru tahu bahwa ia cucu wanita kaya raya yang tinggal di sebuah rumah besar beratap bugenvil. Banyak rahasia dalam rumah itu, menyangkut almarhum ayahnya dan seluruh keluarga neneknya yang tidak terlalu harmonis.

Ia baru tahu bahwa ia sepupu Prisil, gadis angkuh teman sekolahnya. Feriz, anak baru di sekolahnya, ternyata tinggal di rumah itu juga. Prisil jatuh cinta pada Feriz, tapi pemuda itu bersikap dingin terhadap setiap gadis yang mendekatinya.

Kenyataan bahwa neneknya yang tidak peduli terhadap keluarganya tapi malah menerima orang asing di rumahnya membangkitkan keingintahuan Lianka. Mengapa neneknya menerima Feriz tinggal di rumah itu? Dapatkan Lianka menyibak rahasia yang dipendam sang nenek? Apa pula rahasia yang disimpan Feriz?

Debu Bintang

Kesialan bertubi-tubi menimpa Danielle. Pernikahannya yang sudah di depan mata terpaksa gagal karena kekasih memutuskan tali pertunangan. Ia juga dipecat dari pekerjaannya sebagai guru BP. Dan terakhir, orangtuanya menjual rumah mereka, sehingga Danielle harus mencari tempat tinggal baru.

Di saat kepepet, Dani menerima tawaran Hanson untuk menjadi guru privat anak-anak pria itu, dan tinggal di rumah Hanson. Dani yang mahir bermain sulap dengan beratraksi menaburkan debu bintang, berhasil memikat murid-muridnya. Tapi Jemima, kekasih Hanson, cemburu pada Dani.

Ternyata, debu bintang yang ditebarkan Dani tidak hanya memikat anak-anak Hanson. Tanpa disadari Hanson, ia juga mulai jatuh cinta pada Dani.

Bidadari Bersayap Biru

Maya adalah seorang gadis yang bisa mengalami penglihatan saat menyentuh tangan orang lain. Kelebihannya itu membuat ia lebih memahami kehidupan ini di usianya yang baru tujuh belas tahun.

Suatu hari, saat ia menghindari omelan ibu angkatnya, ia pergi ke rumah sebelah yang masih kosong. Di sana ia menemukan sebuah bros berbentuk bidadari bersayap biru milik seorang wanita yang sudah meninggal.

Maya ingin menggali kehidupan wanita itu lebih dalam karena ia mencurigai ada hubungan spesial antara wanita itu dengan ayah angkatnya. Pertemuan Maya dengan maling yang masuk ke rumah kosong itu juga menimbulkan babak baru dalam hidupnya.

Mampukah Maya meraih kebahagaiannya dalam penindasan ibu dan saudara angkatnya?

Antara Aku dan Dia

Sasha, anak pengusaha kaya di Metro Lampung, lari dari rumah karena dipaksa menikah.

Sultan, anak pegawai ayah Sasha yang berniat membunuh ayah gadis itu, terpaksa kabur karena akan dibunuh.

Karena suatu hal, mereka kabur bersama ke Jakarta.

Tanpa terduga mereka terdampar di sisi gelap kehidupan metropolitan. Mereka berdua terjebak dan saling tergantung untuk bertahan hidup. Karena tiadanya uang, mereka terpaksa tinggal bersama dan mengaku sebagai kakak-adik, walau sebenarnya saling membenci.

Jakarta yang keras menekan mereka sampai batas kekuatan terakhir. Mampukah mereka bertahan di tengah godaan untuk dorongan mencari uang secara ilegal? Apakah Sasha dapat bertahan, ataukah pulang dan menyerah untuk kembali ke sarang nyaman yang dihuninya selama ini?

Novel-novel Agnes Jessica sebelumnya: Jejak Kupu-Kupu, Tunangan? Hmm…, Three Days Cinderella, Debu Bintang, Rumah Beratap Bugenvil, Dongeng Sebelum Tidur, Piano di Kotak Kaca, Peluang Kedua, dan Bidadari Bersayap Biru.

Sepatu Kaca

Lolo tidak menyangka bahwa ketika pulang ke Indonesia, kehidupannya berubah seratus delapan puluh derajat. Toko sepatu dan rumah keluarganya disegel, sementara mama-papanya menghilang. Belum lagi kebingungannya pudar karena mendadak menjadi tunawisma, seorang pemuda menagih utang orangtuanya sebesar dua ratus juta!

Sudah tentu Lolo yang baru berusia delapan belas tahun tak mungkin membayarnya. Maka Kingsley menyanderanya. Baginya, Lolo adalah jaminan. Ia memaksa gadis itu tinggal di “gudang”nya. Bukan apa-apa! Siapa tahu suatu saat orangtua gadis itu muncul, mencari putrinya, dan saat itulah ia bisa mendapatkan uang yang berguna bagi masa depannya.

Namun seiring berjalannya waktu, keduanya malah bertambah akrab. Bersama mereka mencari tahu, kenapa orangtua Lolo yang sukses itu tiba-tiba bangkrut. Dan bahu-membahu pula keduanya berusaha meraih lagi kejayaan toko sepatu itu, mengembalikan kehidupan kehidupan Lolo seperti sebelumnya.

Noda Tak Kasatmata

Sarah—mahasiswi jurusan Sejarah yang sedang menyusun skripsi—ingin menyelidiki peristiwa pembantaian anggota PKI tahun 1965. Untuk itu ia datang ke desa Karya di daerah Jombang, Jawa Timur. Ia tidak tahu bahwa penelitiannya selama seminggu di sana akan mengubah hidupnya.
Semua penduduk desa yang diajaknya bicara tentang topik yang peka itu diam seribu bahasa. Hambatan utama penelitian Sarah datang dari Surya, anak anggota PKI yang terbantai. Masa lalu yang kelam membuat Surya berwatak keras. Ia menganggap Sarah hanyalah gadis kaya yang cuma tahu bersenang-senang dan menghabiskan uang orangtua.
Ketika penelitiannya hampir berakhir, Sarah menyadari dirinya telah jatuh hati pada Surya, padahal pria itu adalah kekasih orang yang memberinya tumpangan selama seminggu berada di desa itu.
Apakah Sarah sanggup menghancurkan kebahagiaan orang lain demi kebahagiaannya sendiri?

Dongeng Sebelum Tidur

Sebelum keluar dari pintu, Cadenza menjawab, “Kupikir aku bisa memperoleh seorang istri idaman, pilihan ibuku. Siapa sangka yang kudapatkan wanita bekas pria lain!” Kiara melemparkan pajangan, tapi pintu keburu tertutup, dan patung itu pecah berkeping-keping, terbentur kayu pintu yang tebal.

Karena ayahnya berutang budi pada keluarga angkatnya, Kiara terpaksa menikah dengan Cadenza. Padahal ia telah memiliki kekasih—begitu pula Cadenza—namun demi baktinya pada orangtua, Kiara menerima perjodohan ini. Kiara sangat mencintai ayah-ibunya, karena itu sesulit apa pun, ia bertekad menguasahakan agar pernikahan yang tak diinginkannya ini terasa menyenangkan.
Namun bila segala upaya telah diusahakan, hubungannya dengan Cadenza tetap saja tidak berjalan lancar, apa lagi yang harus dilakukannya? Apakah ia harus kembali ke Aldi yang telah dikhianatinya, sementara Cadenza juga kembali kepada gadis yang dicintainya?
Di tengah kegamangannya, Kiara menyadari bahwa ia jatuh cinta pada Cadenza. Ia sangat galau ketika Cadenza memutuskan untuk mengakhiri pernikahan aneh ini, apalagi ibunya—yang menjodohkan mereka—telah meninggal. Padahal, selain mulai jatuh cinta pada suaminya, Kiara merasakan sedikit guna dirinya saat ia mencoba menyembuhkan Charles—kakak iparnya—yang tampan tapi menderita gangguan jiwa.

Piano di Kotak Kaca

Wajah Sheila berubah murung. “Bapak mau bilang karena saya anak pembunuh, kan? Saya punya sifat kejam dalam diri saya, makanya berkali-kali saya mendapat masalah.”
“Kamu memiliki banyak sifat istimewa. Kamu perhatian pada orang lain, kamu ingin sekali terlibat secara emosional dengan manusia lain. Singkatnya, kamu sensitif dan peduli terhadap orang lain. Tapi orang-orang dengan sifat seperti ini punya kelemahan.”
“Apa kelemahannya?”
“Jika orang lain kurang peduli terhadapnya, ia akan membenci orang itu.”

Sebuah miniatur piano menjadi kenangan terakhir Sheila akan ibunya. Ibunya meninggal karena dibunuh ayahnya sendiri dan sang ayah dipenjara. Tinggal Sheila sebatang kara, tanpa kasih sayang orangtua di usianya yang masih belia.
Uluran tangan dari saudara angkat ayahnya ternyata membawa kepahitan lain. Sheila dijadikan pembantu di tempat tinggalnya yang baru dan berulang kali dianiaya secara mental. Sikap keras gadis itu sering kali dikaitkan dengan latar belakangnya yang berayah pembunuh. Sheila merasa takut akan emosinya yang mudah sekali meledak sehingga melukai orang-orang yang melukai harga dirinya.
Satu-satunya orang yang mengulurkan tangan tulus padanya hanyalah Bram, pria timpang yang memendam banyak kepahitan akibat kondisi fisiknya. Bisakah ikatan yang terjalin di antara mereka mengembalikan jiwa Sheila yang terluka dan merindukan ibunya?

Peluang Kedua

“Kau mau bertaruh?”
“Tentu saja. Sebutkan apa taruhannya!”
Alex memandang Inez dengan tatapan menilai, lalu berpikir-pikir sebelum akhirnya berbicara, “Kau bekerja untukku selama satu bulan. Dalam satu bulan itu kau harus mencapai hasil yang memuaskan. Katakanlah kau harus berhasil mencapai sesuatu yang luar biasa, seperti punya uang dalam jumlah besar, menjadi sesuatu yang diimpikan banyak orang atau apa saja, maka kau menang.”

Inez Amrez adalah seorang penyanyi terkenal yang terlibat kehidupan hedonis. Ia pemakai narkoba, pemabuk, penganut kehidupan seks bebas, dan berbagai kehidupan lain yang tak benar. Lalu ia mengalami kecelakaan karena mengemudi dalam keadaan mabuk, dan meninggal.
Tapi ia diberi kesempatan kedua untuk hidup kembali dalam diri seorang gadis lugu bernama Anis. Dan ia harus memulai kehidupannya dari awal lagi, karena berbeda dengan dirinya dulu, Anis berprofesi sebagai seorang pembantu. Tapi apa daya, ia kembali bertemu dengan orang-orang di kehidupannya terdahulu, sehingga kini ia mengerti siapa yang benar-benar menyayanginya, dan siapa orang-orang yang tidak bersedih atas kematiannya.
Bertaruh dengan seseorang, ia kembali memulai kariernya dari nol dan membuktikan bahwa dirinya juga bisa menjadi orang berguna tanpa bantuan orang lain. Sayang ia kalah bertaruh hati, karena ia jatuh hati pada si penantang.

Sang Maharani

Sebagai putri jenderal di zaman penjajahan Belanda, Maharani memiliki segalanya: kecantikan dan kecerdasan, harta dan kehormatan. Tapi setelah ayahnya meninggal dan Belanda kalah oleh Jepang, hidupnya berbalik 360 derajat. Ibu tirinya menjadikannya pelayan di rumahnya sendiri. Ia tak mendapat bagian peninggalan ayahnya. Yang paling menyakitkan, ia diserahkan ke Pemerintah Jepang, yang lalu menjadikannya sebagai Jugun Ianfu, pelacur untuk memuaskan tentara-tentara Jepang. Harga dirinya terampas, tubuh bukan lagi miliknya. Hidupnya menjadi mimpi buruk yang mengerikan. Perasaannya sebagai manusia utuh seolah telah mati karena ia merasa dirinya bukan manusia yang berharga.
Lalu ia bertemu kembali dengan Arik, adik angkat yang sudah bertahun-tahun berpisah dengannya; adik angkat yang begitu dicintai dan mencintainya. Inilah kebahagiaan tiada tara baginya setelah kehidupannya luluh lantak. Namun ia menyadari cinta yang dirasakannya kepada Arik sekarang berbeda dari cinta yang diberikannya beberapa tahun lalu, saat mereka masih anak-anak. Seperti roti curian yang terasa manis, cinta terlarang ini menjeratnya. Beranikah ia meraihnya?

Pencari Harta Karun

Ketika seseorang dihadapkan pada keputusasaan, di batas terakhir ia akan menyerah. Demikian pula dengan Jamal, pemuda sederhana yang mendambakan cinta. Namun, di saat ia hampir menyerah dan mengakhiri hidup, seseorang memberitahukannya sebuah rahasia untuk mendapatkan harta karun.

Dengan rahasia itu Jamal berusaha menaklukkan kesengsaraan hidup yang selalu membayangi nasib keluarganya. Ia menemukan kekayaan dan kesuksesan yang diimpikannya selama ini. Rahasia itu juga membawanya menemukan cinta yang selama ini dicarinya. Dan di dalam perjalanannya, ia menemukan harta karun terbesar, lebih dari apa yang didambanya selama ini.

Merah

Sesuat dengan namanya. Petra keras kepala seperti batu karang. Masa kecilnya pun keras karena ia ditolak oleh keluarganya. Ia memang tak secantik kakak pertamanya, Joana. Dan tak sepintar kakak keduanya, Helen. Dan, orangtuanya tak senang mendapatkan anak ketiga lagi-lagi perempuan, di saat ekonomi mereka tak terlalu baik. Tapi ia punya hati yang baik. Pertemuannya dengan Yohanes telah mengubah hidup Petra karena pria itu punya kepercayaan bahwa suatu hari gadis itu akan menjadi seorang yang luar biasa melebihi kedua kakaknya.

Tak pernah dibayangkan Petra bahwa ia akan berhubungan dengan dua orang pria kakak beradik yang seayah lain ibu. Yang satu adalah pria yang kejam dan tak berperasaan., tapi menjadi orang pertama yang mengukir cinta di hatinya Yang satu lagi selalu menjadi penolongnya di saat ia tertimpa masalah.

Keduanya berperan besar dalam mengubah masa depan Petra. Dan tanpa Petra sadari, sebuah Kekuasaan Yang Lebih Tinggi telah memilih wanita itu untuk menjadi si Merah, yang kelak akan menolong banyak sekali orang. Khususnya di Indonesia. Bagaimana dengan kisah cinta Petra? Siapa yang dipilihnya, Nathan sang kakak yang berkuasa, atau Jimmy sang adik yang selalu menyelamatkannya?

Satu Abad Sekejap Mata

Dominika dan kawan-kawannya membuat mesin waktu untuk kembali ke satu abad sebelumnya. Sebagai orang yang paling tidak percaya pada mesin itu, Dominik malah terpilih menjadi relawan untuk mengujicoba. Di luar dugaan, mesin waktu itu berbasil. Sayang bukannya tiba di tahun 2003, ia tiba satu tahun sebelumnya. Jadi, ia yang semestinya dijemput setengah jam kemudian, berusaha menunggu satu tahun lagi untuk bisa pulang.

Terpaksa ia tinggal di rumah, keluarga Annet, gadis yang membencinya tanpa sebab sejak pertemuan mereka pertama kali. Tanpa terduga, benih-benih cinta mulai tumbuh di hati mereka berdua. Apakah Dominik kemudian bisa kembali dengan mesin waktu yang rusak tersebut? Dan bagaimana kisah cintanya dengan Annet. yang notabene seratus tahun lebih tua darinya?

TEENLIT
Penyelusup Cantik
Pacaran Gak Bakal
Perjodohan HebohBunga Vs Trouble Maker
Pacar Gue Aktor Beken
Gara-gara Irana Jadi Arini
Pacar BayaranMak Comblang Jatuh Cinta
Aku Takut Jatuh Cinta
Pura-pura Pacaran
Sepasang Peniti Perak
Sandra

CERPEN
Cerpen ANAK MAMA
Cerpen KETIKA BARONGSAI MENARI
Cerpen COPET
Novelet PENGANTIN Eps 1
Novelet PENGANTIN Eps 2
Novelet PENGANTIN Eps 3
Novelet PENGANTIN Eps 4
Novelet PENGANTIN Eps 5