Khusus Seri Wardstone Chronicles, buku Joseph Delaney telah diterjemahkan ke lebih dari 20 bahasa. Tulisannya bisa disandingkan dengan Alan Garner (The Stone Book, peraih Phoenix Award 1996) dan JK Rowling (Harry Potter). Kategori sub-genre tulisan para penulis ini adalah dark fantasy, yang berbeda dengan sub-genre fantasi sejarah Viking atau sci-fi di luar planet ini.

Memang sejak kecil Delaney suka berhayal yang aneh (spooky) terutama di saat ibunya merajut dekat perapian. Ia berhayal ada bayangan hitam yang menarik dirinya ke dalam perapian dan terbang melalui cerobong asap. Bayangan hitam ini menghantui masa kecilnya, dan menjadi tokoh dalam novel pertamanya The Spook’s Apprentice, yang merupakan bagian awal dalam tujuh buku seri Wardstone Chronicles yang telah dirilis hingga awal 2009. Masih ada satu lagi yang dijadwalkan keluar di tahun ini, The Spook’s Tale.

Seri Wardstone Chronicles
1. The Spook’s Apprentice (2004) aka The Last Apprentice: Revenge of the Witch
2. The Spook’s Curse (2005) aka Curse of the Bane
3. The Spook’s Secret (2006) aka Night of the Soul Stealer
4. The Spook’s Battle (2007) aka Attack of the Fiend
5. The Spook’s Mistake (2008) aka Wrath of the Bloodeye
6. The Spook’s Sacrifice (2009) aka Clash of the Demons
7. The Spook’s Bestiary (2009)
8. The Spook’s Tale (2009)

Delaney juga pernah menulis Mercer’s Whore (1997) dengan psedonimi J K Haderack, yang bercerita tentang para penjaga sebuah kuil yang harus menghadapi seorang perempuan tangguh, yang memiliki kekuatan antara cahaya dan kegelapan.

Buku pertama The Spook’s Apprentice sedang memasuki tahap awal produksi film layar lebar. Studio Warner Bros telah menunjuk Kevin Lima, sutradara Tarzan (1999) dan Enchanted (2007) sebagai sutradara film ini.

Singkatnya tentang buku The Spook’s Apprentice yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Penerbit Matahati ini adalah tentang seorang anak remaja, Thomas Ward, yang belajar menjadi ahli pengusir setan. Thomas Ward adalah anak ketujuh dari putra ketujuh yang belajar menangani Spook. Pekerjaan yang tidak mudah, karena Spook adalah sosok dingin dan tidak ramah, dan banyak ahli pengusir setan lain gagal menanganinya. Thomas bertekad mengusir semua setan, termasuk penyihir dan arwah gentayangan. Di saat ia dikelabui melepaskan Mother Malkin, setan terjahat seantero jagad, di saat itu pula semuanya dimulai…