paolini
Christopher Paolini telah menyelesaikan seri Inheritance yang terdiri dari 3 (tiga) buku:
1. Eragon (2001)
2. Eldest (2005)
3. Brisingr (2008)
Konon kabarnya buku finale keempat akan keluar pertengahan tahun ini, yang sekarang masih diberi judul sementara: “Inheritance Cycle”. Kita saja tuinggu ya…

Ada juga beberapa buku yang khusus membahas karya Paolini, di antaranya:
– The Ultimate Unauthorized Eragon Guide: The Hidden Facts Behind the World of Alagaesia (2006) ditulis oleh Lois Gresh
– Mythic Vision: The Making of Eragon (2006) ditulis oleh Marc Cotta Vaz

dark fat fantasies

Dicatat juga beberapa judul novel dengan genre Dark, Fat Fantasy:
– Runemarks by Joanne Harris
– The Ropemaker by Peter Dickinson
– The Sea of Trolls by Nancy Farmer

Yang termasuk genre ini dan sudah lebih dahulu ngetop adalah:
– Harry Potter and the Half Blood Prince: Harry Potter, Book 6 by J.K. Rowling
– Abarat by Clive Barker
– Inkheart by Cornelia Funke

Runemarks (2007) karya Joanne Harris
Pukul tujuh pagi, lima ratus tahun lalu setelah kiamat, dan seluruh goblin telah berada di ruang bawah tanah di dalam bumi… Tak seorangpun mengakui bahwa goblin ada dan hidup. Kekacauan, dewa, negeri dongeng, dan aturan dunia baru, semuanya telah menaklukkan bumi ratusan tahun lalu, dan Maddy mengetahui sedikit sihir untuk bertahan di bumi baru ini. Runemark atau tanda lahir di telapak tangannya membuktikan ia mampu bertahan, namun sebelumnya warga desa tempat kelahirannya mengecap ia sebagai penyihir jahat. Seorang perantau misterius bermata-satu melihat Maddy sebagai manusia spesial, bukan cacat. Maddy adalah garis nasib penentu kehidupan manusia. Ia mengajarkan Maddy menggunakan sihir itu untuk menolong dunia.

The Ropemaker (2001) karya Peter Dickinson
Tilja hidup di lembah tenang dan indah, yang terlindungi dari kerajaan hutan yang ditakuti dan dihormati kekuatan jahat. Kekuatan hutan itu perlahan menghilang dan lembah itu perlahan pula berada dalam posisi bahaya. Ia adalah bungsu dari empat pemberani di desa itu yang kerap bertualang mencari penyihir misterius yang mampu menyelamatkan desa. Tilja adalah anak perempuan yang tak memiliki kekuatan tapi ia mampu melindungi dari kekuatan penyihir jahat yang mencoba merebut kerajaan hutan dan menduduki lembah dengan semena-mena.

The Sea of Trolls (buku pertama trilogi Sea of Trolls, 2004) karya Nancy Farmer
Setelah Jack belajar dari Druid, ia dan adik kecilnya, Lucy, ditangkap oleh perompak Viking bernama Bersker. Mereka dibawa ke Raja Ivar Tak Bertulang dan ratunya yang setengah troll. Jack harus bertanggungjawab terhadap Jotunheim, rumah troll.