Humbert Humbert adalah karakter novel Lolita yang tampil dalam dua versi film: versi tahun 1961 (dimainkan oleh James Mason) serta tahun 1998 (Jeremy Irons). Sutradara film pertama Stanley Kubrick lebih beruntung karena mendapatkan nominasi Oscar dan Golden Globe atas film yang diangkat dari novel kontroversial karya Vladimir Nabokov ini. Sutradara re-make film ini Adrian Lyne hanya kena bogem mentah orang-orang yang tak suka film yang dianggap mempromosikan phedophilia ini.

Novel kontroversial ini memang lahir dari penulis eksentris Vladimir Nabokov. Ia sendiri adalah profesor mata kuliah sastra Rusia dan Eropa, kurator kupu-kupu di Harvard dan bahkan meminjamkan namanya untuk memberi nama kupu-kupu kayu. Julukan ‘nymphet Nabokov’ yang berorientasi seksual seakan memberi stempel bahwa memang ia adalah tokoh Humber Humbert yang ditulisnya. Lebih lanjut, nama Lolita juga kini seakan menjadi kosakata baku dalam prostitusi di bawah umur dari Amerika Selatan hingga menjadi istilah khusus dalam masalah human trafficking.

Saat membaca novel Lolita mungkin kita akan merasa ditarik ke perdebatan kontroversi ini, ditambah pula kritik menyebut bahwa novel ini lebih ingin mengungkap “bukan tentang gerus kenaifan seorang anak oleh lelaki dewasa, tapi lebih kepada eksploitasi lelaki lemah atas obsesinya terhadap wanita.”

Lolita, novel yang diterbitkan tahun 1955 dalam bahasa Inggris, seakan menjadi cerminan perubahan tata nilai global kenaifan wanita muda. Antara karakter tua yang bernarasi tentang hasrat serta ketidakmampuan sang karakter ini mampu menyalurkan banyak hasratnya. Jika membaca novel ini dalam tulisan aslinya, Nabokov menggunakan gaya bahasa aliterasi dengan pilihan kata-kata yang berima dan indah. Deskripsi tentang Lolita sesungguhnya jauh dari konotasi prostitusi cilik yang bergulir hari ini.

Novel karya Nabokov
Mary (1926)
King, Queen, Knave (1928)
The Luzhin Defense (1930)
Glory (1932)
Laughter in the Dark (1932)
Despair (1934)
Invitation to a Beheading (1938)
The Gift (1938)
The Enchanter (1939)
The Real Life of Sebastian Knight (1941)
Bend Sinister (1947)
Lolita (1955)
Pnin (1957)
Pale Fire (1962)
Ada, Or Ardor: A Family Chronicle (1969)
Transparent Things (1972)
Look at the Harlequins! (1974)
The Original of Laura (1976)*

* The Original of Laura adalah never-published-before novel yang akan diterbitkan November 2009 oleh pewaris manuskrip novel ini yang juga anaknya, Dmitri Nabokov.