Project Gutenberg adalah sebuah organisasi nirlaba yang memfokuskan diri pada arsip fiksi yang telah habis masa hak ciptanya. Buku-buku seperti ini biasa dikenal dengan istilah buku klasik. Buku-buku ini merupakan karya sastra yang dapat dinikmati siapa saja, tanpa kecuali.

dracula gutenberg

Dalam hukum di Barat, dikenal istilah copyright, atau hak cipta, yang memiliki rentang waktu 75 tahun hingga 90 tahun setelah karya itu dirilis. Sang pencipta telah meninggal lama, dan hak waris atas nilai hak ciptanya telah dinikmati anak dan cucunya. Untuk itu, atas nama ilmu dan pengetahuan bagi siapapun di bumi ini, karya-karya klasik itu kemudian dibebaskna dari ikatan membayar hak cipta kepada pengarangnya setelah karya itu berusia 75 hingga 90 tahun (tergantung implementasi hukum setiap negara).

Jika Anda ingin membaca karya Virginia Woolf “Jacob’s Room”, karya Rudyard Kipling”Jungle Book”, karya Mark Twain “The Adventures of Huckleberry Finn”, atau puisi-puisi William Wordsworth, silakan klik pranala (link) ini: http://www.gutenberg.org.

Selamat membaca!