Radikal Itu Menjual: Budaya Perlawanan Atau Budaya Pemasaran?
by Joseph Heath, Andrew Potter,
Antipasti, viii + 437 halaman, ISBN-9789791790307, Rp. 65.000 (2008)

Sinopsis:
Anda merasa radikal dengan memakai kaus Che Guevara (antikapitalis)? Atau makan sayuran organik (antimakanan cepat saji)? Atau kembali ke spiritualitas timur (antimaterialisme barat)? Apakah dengan semua itu Anda merasa sudah melawan arus dan menjauh dari masyarakat yang kian kapitalis dan konsumeristis? Joseph Heath dan Andrew Potter meruntuhkan mitos tentang radikalitas gaya hidup tersebut. Dengan argumen yang bernas dan gaya bahasa yang menohok, mereka tunjukkan bahwa “budaya tanding” (hasrat untuk melawan arus, untuk jadi beda, untuk menjalani hidup alternatif) justru merupakan kekuatan utama pendorong kapitalisme dan konsumerime kontemporer. Ide bahwa bahwa pemberontakan gaya hidup individual bisa mengguncang sistem, justru semakin memapankan masyarakat konsumen yang hendak ditentangnya. Lebih parah lagi, ide-ide budaya tanding juga telah mempengaruhi politik progresif dan memelencengkannya dari cita-cita awal memperjuangkan keadilan sosial dan kesejahteraan masyarakat.